Memeriksa Karburator
Karburator membuat butir-butir bensin mengapung dan bercampur dengan udara sebelum diberikan ke silinder, karenanya karburator mempunyai banyak
saluran bensin-udara dan bila saringan bensin atau penyaring udara rusak maka saluran-saluran ini akan tersumbat debu kotoran lainnya.
Periksalah penyaring udara dan saringan bensin apakah tersumbat, bila kedua-duanya bersih,
periksalah nosel karbutator apakah tersumbat, karburator tersebut
harus dibersihkan sebagai berikut.
a. Tutuplah katup bensin dan lepaskan selang bensin, lepaskan penutup aliran keluar, ruang pcngapung dan buanglah bensin di dalémnya,
dan hindari api yang ada.
b. Lepaskan klem di kedua sisi dari penyaring udara dan silinder, lepaskan kabel starter atau kabel cuk, dan lepaskan tutup atas karburator.
c, Lepaskan ruang apung, lepaskan secara hati—hati dan pcriksalah apakah tersumbat atau Iuka bergaris-garis kemudian semprotkan
tiap-tiap nosel dengan udara kompresi.
d. Lepaskan katup jarum secara hati-hati dan periksalah apakah tersumbat atau aus. Bila jarum terasa aus dengan ujung jari anda
maka jarum tersebut harus diganti dengan yang baru.
e. Bila mengecek tinggi permukaan apung, taruhlah karburator pada posisi terbalik.
f. Setelah membersihkan karburator pasanglah kembali dengan membalikkan prosedur waktu membongkar.
g. Pada karburator dengan pipa udara keluar, periksalah apakah pipa tersebut tersumbat atau retak.
Keterangan:
1. Sekerup penyetel kabel
2. Mur pengunci
3. Pegas klep throttel
4. Pegas plunyer
5. Dudukan pegas
6. Plunyer starter
7. Klip
8. Jarum penyemprot
9. Selang/saluran
10. Sekerup penyetop throttrel
I1. Sekerup utama
12. Gasket dudukan klep
13. Dudukun klep
14. Pelampung
15. Penyemprot utama
16. Nosel utama
17. Penjemput pilot (jet pilot)
0 komentar:
Posting Komentar